Sunday 8 April 2018

Penggunaan Variabel di C++

Setelah kita belajar membuat program sederhana dari C++ yang hanya menggunakan, kita akan maju selangkah untuk lebih maju :D wkwkw . Kali ini kita akan belajar cara menggunakan variabel.
variabel adalah cara agar sistem bisa menginputkan suatu masukan baik berupa angka maupun string, dan masukan ini bisa di isi oleh sistem maupun di isi langsung oleh pengguna
Simak baik-baik ya:) Berikut cara membuat variabel di C++:


Seperti biasa kita tulis dulu headernya
karena ini dibuat dengan borlandC++, maka tidak perlu using name space std;


Lalu, kita deklarasikan dengan mengetikkan int a, b, c, d;
pendeklarasian ini dilakukan untuk mengenalkan bahwa variabel a, b, c, d adalah variabel dalam bentuk integer (Integer itu bentuk variabel dalam bilangan bulat), jadi kita hanya bisa menggunakan bilangan bulat.

Dan diberi nilai untuk masing masing variabel


Dari situ saya mencoba untuk mencari nilai dari variabel d dengan aturan d=a+b*c

dengan mengetikan "cout<<d;"  => Maka aprogram akan berjalan dan menghasilkan bilangan sesuai aturan yang kita tulis 


Dari hasil tersebut kita mendapatkan bahwa cout d menampilkan hasil dari perhitungan karena kamu sudah memasukkan sebuah perhitungan .

Dari situ kita dapat lebih belajar berkreasi lagi untuk mengenal serta membuat variabel C++

Nah, sampai sini sebenarnya kita bisa mengkolaborasikan materi sebelumnya dengan materi ini. 
Ya , kita bisa dengan menambahi kata2/puisi juga bisa :D 
Bagaimana caranya ? Yaitu dengan menambahkan cout saja .

Perlu diingat nih!
(cout <<"isi cout") cout adalah perintah untuk menampilkan output jika kita ingin memasukan variabel maka kita tidak perlu menambahkan petik(") namun jika kita akan menampikan kata/kalimat non variable dengan kata yang kita buat sendiri maka kita harus menambahkan simbol (") di awal dan di akhir kalimat seperti di contoh.

Mari kita cobaaa...
disini saya memasukan semua variabel yang saya buat kemudian saya juga menuliskan lagi dibawah secara rincinya hehe. dan hasilnya seperti dibawah ini.



Yeay.. seperti itulah hasil nya jika dikolaborasikan dengan cout

*Catatan
- dalam program seperti ini untuk cout tidak boleh ada unsur angka , tetapi harus variabel yang sudah di deklarasikan di atasnya, karena jika kita menuliskan langsung angkanya di dalam cout maka yang tampil adalah angka dari tulisan kita sendiri, jika kita memasukan variabel seperti yang saya lakukan di atas maka berapapun bilanganya akan sama dengan variabel di atasnya. 

- jika kita ingin menggunakan bilangan pecahan seperti (1,2) (2,5) pokoknya yang ada unsur koma maka kita harus merubah pendeklarasian yang sebelumnya int menjadi float, karena di interger kita hanya bisa memasukan bilangan bulat, dan dengan menggunakan type data float maka kita dapat memasukan bilangan bulat maupun pecahan.

*Semoga membantu teman-teman:)*
Load disqus comments

0 komentar