Monday 24 July 2017

Cara Belajar Mikrotik Tanpa RouterBoard

Hari ini saya akan memposting artikel yang akan sangat berguna bagi murid-murid di SMK jurusan TKJ, jurusan lumayan buat kita pusing hehe, tapi kalau kalian rajin belajar mungkin biasa biasa aja, artikel yang satu ini akan berguna bagi kalian yang ingin belajar Mikrotik namun tidak punya Perangkat Mikrotik tersebut.

Kita akan belajar bagaimana cara belajar Mikrotik tanpa RouterBoard yaitu dengan menggunakan Virtual Manchine ada banyak pilihan software virtual machine yang dapat kalian gunakan mulai dari Virtual Box, VMware, Qemu, dan lain lain. Namun kali ini saya akan mengajarkan cara tersebut menggunakan VMware saja. Karena VMware sangat mudah/stabil di gunakan baik untuk pemula maupun untuk kalangan expert.

Bahan-Bahan :
  1. VMware terserah versi berapa jika tidak punya klik disini 
  2. Mikrotik iso, jika tidak punya klik disini

OK. Langsung saja kita ulas langkah-langkahnya
  1. Buka VMware Player kalian.
  2. Klik “Create a New Virtual Machine”
  3. Pilih Typical.
  4. Pilih yang Tengah “installer disk images file (iso)” kemudian klik “browse”.
  5. Cari file Mikrotik kalian kemudian klik open.
  6. Sekarang kalian lihat pada form yang tengah sudah terisi directory file kalian, kemudian klik next.
  7. Pilih Operating System “Other” dan pilih Version “Other” kemudian klik next.
  8. Di Virtual Machine Name ketikan nama yang akan kalian gunakan untuk Virtual machine tersebut, dan pada Location adalah file dimana kalian akan menyimpan file Virtual Machine tersebut, jika kalian akan merubah lokasi penyimpanan tersebut klik saja browse, jika kalian tidak ingin memindahkanya langsung saja klik next.
  9. Biarkan saja opsi terpilih pada split virtual disk into multiple file (karena ini akan sangat kompatibel jika kalian ingin memindahkan virtual machine kalian di computer lain).
  10. Kemudian klik finish.
  11. Klik “Power on this virtual machine”.
  12. Tekan huruf “A” pada keyboard untuk menginstall semua paket system pada Mikrotik, kemudian klik huruf “I” kemudian “Y”.
  13. Tunggu Mikrotik Terinstall pada Virtual Machine hingga meminta enter untuk restart.
  14. Klik kanan pada logo network adapter VMware di pojok kanan bawah, dan klik setting.
  15. Pilih “Custom : Spesific Vitrual Network” dan pilih “VMnet8 (Nat). Kemudian tekan OK.
  16. Buka Winbox Mikrotik Kalian Kemudian tekan 3 titik di samping kolom “Connect To”, dan akan keluar mac address si virtual machine tadi.
  17. Setelah “Connect To” Ter-isi MAC Address Mikrotik, kemudian isi login “admin” dan password biarkan kosong, lalu klik Connect.
  18. Dan Taraaaa, kalian sudah bisa belajar seperti menggunakan mikrotik sungguhan tanpa membeli RouterBoard.


NB :
1.    Jika pada langkah ke-16 mac address mikrotik tidak muncul maka kalian dapat mengatasinya dengan cara membaca Cara mengatasi Mac address tidak muncul untuk Virtual Mikrotik.
2.    Setelah berhasil menginstall mikrotik di VMware kalian dapat belajar namun ketika fresh seperti ini hanya aka nada 1 interface LAN, jika kalian ingin menambahkannya kalian dapat membaca artikel Cara Menambahkan Interface LAN di Mikrotik untuk Virtual machine.
Load disqus comments

0 komentar