Tuesday 3 October 2017

Apa Itu C++ ? Contoh Sederhana C++

Apa Itu C++ ? Apa Fungsinya ? - C++ adalah bahasa pemrograman yang merupakan perkembangan dari bahasa C, dikembangkan Dennis Ritchie di Bong Labs dan dilakukan pada awal 1970, sedangkan Bahasa C itu diturunkan dari bahasa sebelumnya yaitu bahasa B pada awalnya bahasa tersebut dirancang untuk digunakan pada Sistem Unix

Contoh penggunaan program C++ adalah seperti dibawah ini
Sebenarnya untuk membuat program C++ dasarnya sama namun beberapa software harus menambahkan beberapa perintah, disini saya sudah mencobanya di software Borland C++ dan Dev C++

Berikut adalah contoh program sederhana C++ yang saya buat di Borland C++

#include  <conio.h>
#include  <iostream.h>
int main() 
{
      cout << "contoh penggunaan program c++.\n"; //komentarataucatatan 
      cout << "-----------.\n";
      getch();
      return 0 ;
 }

setelah kode di atas kalian tuliskan di borland C++ kemudian jalankan dengan menekan tombol run (di atas gambar petir) kemudian hasilnya akan seperti ini.

tapi di software Dev C++ kita harus menambahkan kode "using namespace std;" di bawah perintah include lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini.
#include  <conio.h>
#include <iostream.h>
using namespace std;
int main() 

     cout << "contoh penggunaan program c++.\n"; //komentarataucatatan 
     cout << "-----------.\n"; 
     getch(); 
     return 0 ; 
}

Keterangan :
  1. Di atas sendiri kita tau ada tulisan #include, contohnya seperti di atas yaitu.
    itu bisa kita sebut sebagai baris header, di program sederhana saya ini saya menuliskan conio dan iostream itu adalah fungsi yang dipanggil untuk menjalankan program yang ada dibawahnya, dan setiap perintah include memiliki fungsi yang berbeda-beda
  2. Jika menggunakan software Dev C++ kita harus menambahkan baris kode "using namespace std;" dan itu tidak perlu kita tuliskan jika kita menggunakan borland karena itu bisa dibilang cuma untuk pengadaptasian jika menggunakan Dev C++.
  3. "int main ()" disitu dituliskan int yang artinya integer dan main adalah fungsi utama, jadi int main ini adalah fungsi utama, semua fungsi yang kita buat baik itu berupa file header ataupun fungsi yang kita buat sendiri semua di panggil dalam int main tersebut.
  4. "{" kode ini hanya digunakan sebagai tanda awal mulai program/
  5. "cout <<" adalah perintah untuk menampilkan dan didalam simbol (") itu adalah kata yang akan ditampilkan oleh program, jika yang akan di tampilkan adalah variable maka tidak perlu diberi tanda (") petik.
  6. "\n". perintah ini digunakan untuk menambah baris baru sama halnya jika kita belajar HTML jika di HTML kita menambahkan kode <br>
  7. "//" double slas, ini digunakan untuk membuat barus catatan, dan ini tidak pengaruh terhadap program, atau bisa menggunakan tanda "/*" untuk awal catatan dan "*/" untuk akhir catatan.
  8. "getch()" digunakan untuk menghentikan suatu proses yang berjalan, tapi sebenarnya fungsinya tidak hanya itu, kode ini juga berfungsi untuk membaca inputan dari keyboard, jadi jika anda menggunaan perintah "cin" maka kalian harus menyertakan "getch()"
  9. "return 0" adalah fungsi yang digunakan untuk menjalankan program dalam kondisi normal atau bisa kita bilang dimulai dari awal atau dari 0"
Load disqus comments

0 komentar