Sunday 11 February 2018

Fermi Paradox, Apakah Alien itu ada?

Fermi Paradox, Apakah Alien itu ada? - Tahukah kalian bahwa bintang bintang yang biasa kita lihat diwaktu malam itu adalah sebuah matahari seperti matahari yang kita punya yang di kelilingi oleh planet planet dan biasa kita sebut dengan tata surya.

Tata surya kita tempat kita tinggal selama ini yang di dalamnya termasuk planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus dan Neptunus adalah satu dari ribuan tata surya yang ada di galaxy bima sakti, di galaxy bima sakti kita tidak sendiri diperkirakan luas galaxy bima sakti adalah 100.000 tahun cahaya dimana 1 tahun cahaya setara dengan jarak 9,4 triliun kilometer yang di dalamnya terdapat 200-400 miliar bintang dan diperkirakan ada 350 Miliyar galaxy besar (large galaxy) dan 7 Triliun galaxy kecil (dwarf galaxies), Galaxy Bima Sakti tidak termasuk, Galaxy Bimasakti termasuk dari kumpulan lain yang membentuk gugusan galaxy, diprediksi ada 25 Miliyar gugusan, dan gugusan galaxy berkumpul membentuk menjadi super cluster dan diperkirakan ada 10 juta super cluster didunia ini.

Kembali pada pembahasan awal kita Fermi Paradox, Apakah Alien itu ada?, semua hal yang kita bahas di atas kesimpulanya adalah alam kita yang sangat besar, dengan alam yang sangat besar itu apa mungkin kita ini hidup sendiri kemanakah mahluk mahluk lain di luar bumi yang biasa kita sebut dengan Alien.

Pada tahun 1961 muncul seorang bernama Frank Drake dengan persamaannya yang biasa disebut dengan persamaan Drake

N = R*.Fp.ne.fI.fc.L

Namun Persamaan tersebut kurang dapat dipercaya karena 4 Variable terakhir tidak dapat diketahui kepastian angkanya, namun dengan persamaan tersebut Frank Drake  memperkirakan ada kurang lebih 50.000 peradaban di galaxy kita

11 Tahun sebelum Drake menemukan persamaanya ada fisikawan bernama Enrico Fermi yang terkenal dengan kecerdasanya, menurut Enrico Fermi jika di dunia ini terdapat kehidupan lain di luar bumi mungkin mereka sudah membuat peradaban besar, hal ini terlintas karena mengingak galaxy kita berumur 10 - 12 Miliyar tahun, jadi dengan kehidupan selama itu apa benar mereka tidak ada?? jika ada dimanakah mereka?? pertanyaan inilah yang disebut dengan Fermi Paradox.

Karena hal tersebut munculah yang dinamakan Fermi Paradox, coba bayangkan dengan luas jagat raya sebesar itu dan jika ada penghuni lain kenapa kita tidak dapat menemukan mereka, bahka sudah banyak planet yang di klaim NASA sebagai planet yang layak huni.

Sejak tahun 1960 Frank Drake dan pengikutnya sudah berusaha menangkap gelombang mikro dari luar angkasa untuk mengetahui keberadaan mahluk lain di luar bumi, dan sebenarnya bumi sudah memancarkan gelombang radio selama ribuan tahun yang artinya Alien berteknologi canggih yang berjarak ribuan tahun cahaya dapat menemukan kita dengan mudah tetapi jika mereka menerima dan membalasnya kepada kita maka kita harus menunggu ribuan  tahun lagi karena jaraknya yang sangat jauh, jadi jarak yang sangat jauh adalah salah satu alasan kita tidak bisa menemukan mahluk mahluk tersebut.

dan sampai sekarang belum ada bukti bahwa ada kehidupan diluar bumi akhirnya para astronomi fisika pun memberikan teori yang bisa menjawab fermi paradox, sebenarnya kita dan para Alien yang berada di luar bumi sudah berusaha berkomunikasi namun karna jarak yang cukup jauh membuat kita perlu waktu yang lama untuk menerimanya, mungkin juga kita sudah menerima sinyal dari mahluk lain tetapi kita tidak tahu tentang informasi yang kita terima karena kita terlalu gaptek atau mungkin teknologi yang berbeda sehingga kita tidak tahu kalau sebenarnya sinyal tersebut suatu usaha mereka untuk berusaha berkomunikasi begitu juga sebaliknya.

Bisa juga sebenarnya kita sudah pernah dikunjungi Alien tapi mereka menganggap manusia masih terlalu primitif dan tidak bisa memberi manfaan bagi peradaban para Alien, atau mungkin kita lah makhuk yang paling modern dan mereka hanya mikroba-mikroba kecil.

Atau mungkin saja kita memang benar benar sendiri di seluruh jagad raya ini.
Itulah sekilas penjelasan tentang Fermi Paradox selebihnya bagaimana menurut kalian, apakah Alien itu ada? dimanakah mereka? silahkan menuliskan pendapat kalian di kolom komentar Terimakasih

Load disqus comments

0 komentar