Wednesday 26 July 2017

Cara Setting Mikrotik (Bag 2)

Di bagian ke-2 ini tentu saja saya akan meneruskan pembahasan tentang Cara Setting Mikrotik (Bag 1),  dibagian 1 saya hanya membuat study kasus menggabungkan client/PC ke internet yang tentunya IP nya berbeda segmen.
Di bagian pertama kita hanya menggunakan 2 port, yaitu port 1 untuk internet dan yang ke-2 untuk client/PC, namun di artikel Cara Seting Mikrotik Bag-2 ini saya akan menambahkan port yang ke 3, port yang ke-3 digunakan untuk Client, kenapa kok Client juga?, kok sama dengan port 2? percuma dong belajar, iya sii memang sama, tapi Client yang satu ini wireless/tanpa kable
Tentunya untuk penggunaan Wireless ini kita membutuhkan perangkat tambahan yaitu Access Point atau yang biasa kita sebut AP
Sudah selesai basa-basinya, silahkan simak langkah-langkahnya :
  1. kita tambah ip addressnya, "IP > Address", kemudian klik tombol "+" dan masukan IPnya.
  2. jangan lupa berikan nama agar kita tidak lupa fungsi port ke-3 tersebut, tekan huruf "C" pada keyboard kemudian OK.
  3. hasilnya akan seperti ini.
  4. Setelah itu kita buat DHCP Server, tanpa itu kita tidak bisa mendapatkan IP otomatis untuk perangkat Wirreless kita, "IP >DHCP Server".
  5. klik "DHCP Setup", dan pilih interface yang digunakan, disini kita gunakan ether3 kemudian next.
  6. IP network (otomatis terisi).
  7. Gateway (otomatis terisi).
  8. Address give out (otomatis terisi, namun jika tidak tekan tombol Cancel dan ulangi dari langkah 5), address give out ini adalah range IP yang akan diberikan kepada Client
  9. DNS (otomatis terisi, namun kalian bisa menambahkanya jika mempunya DNS Server Local).
  10. Least Time (otomatis terisi) ini adalah kapan IP anda akan di cek, kalian dapat merubahnya sesuai selera, namun saran saya biarkan saja begitu.
  11. Maka DHCP Server Berhasil dibuat.
  12. Selanjutnya kita harus melakukan Setting Pada AP yang kita gunakan. disini saya menggunakan AP merk HUAWEY WS319, jika anda menggunakan AP Tipe lain Silahkan menunggu artikel saya yang lain. pertama yang harus di lakukan reset AP, agar settingan kembali pada posisi netral.
  13. Lepaskan kabel di port 2 mikrotik kemudian tancapkan di AP yang akan di setting.
  14. masuk ke browser dan ketikan IP default yang ada di AP, untuk AP merk HUAWEY WS319 ini IP defaultnya adalah 192.168.3.1, kemudian masukan Username admin dan Password admin (di AP type lain mungkin berbeda).
  15. klik tab Internet di pojok atas kemudian tekan dropdown internet profiles, kemudian "ipv4 addressing type" rubah menjadi static dan isi IP sesuai ketentuan.

  16. pindah ke tab "Home Network" pilih menu lan interfaces, dropdown pada "DHCP Server" kemudian hilangkan centang DHCP Server. karena kita sudah mensetting DHCP di Mikrotik.
  17. Pilih Menu WLAN Setting, hilangkan centang di "Enable Smart Converage", SSID masukan nama yang akan digunakan untuk nama wifinya, di security mode pilih none.
  18. setelah itu kembalikan kabel, lepas kabel AP dan masukan ke Mikrotik port 2 lagi dan cari kabel baru kemudian masukan ke Mikrotik port 3 dan AP anda.
  19. Setting Mikrotik + AP bagian 2 sudah selesai, silahkan cek SSID/NamaWifi di smartphone atau leptop anda.
itulah cara setting Mikrotik Bagian 2, Jika ada yang belum paham silahkan berkomentar dibawah
Load disqus comments

0 komentar