Thursday 27 July 2017

Cara Setting AP TP-LINK

Pada kesempatan ini saya akan mengajarkan kepada kalian tentang cara mensetting Access Point TP-LINK, artikel ini akan sangat berguna bagi kalian yang berprofesi sebagai admin jaringan ataupun bagi kalian yang masih duduk di bangku sekolah.
Materi ini di berikan kepada siswa SMK jurusan TKJ ketika kelas 12, namun bukan hanya AP TP-Link saja, siswa diharapkan mampu mengkonfigurasi AP merk merk lain, karena bagi siswa yang nanti nya setelah lulus yang bekerja sebagai admin jaringan tidak menutup kemugkinan untuk mendapatkan tugas untuk mengkonfigurasi AP dari berbagai merk yang belum pernah di pelajari, disini saya akan menjelaskan Cara Setting AP TP-LINK jika kalian mendapat tugas AP menggunakan AP lain silahkan klik disini, jika tidak ada AP yang kalian cari silakan Request di kolom komentar
Sekarang Mari kita simak langkah-langkah cara setting AP TP-Link.

  1. Reset AP terlebih dahulu agar settingan menjadi fresh, tekan lubang reset dengan bolpoin kurang lebih 10 detik
  2. Samakan IP satu segmen dengan AP default, Untuk AP ini IP defaultnya adalah 192.168.0.254, maka rubah IP laptop/PC kalian menjadi 192.168.0.x (x tidak boleh 254 karena 254 adalah IP AP).
  3. Masukan dari Laptop/PC ke AP.
  4. Masuk ke browser dan ketikan IP AP (192.168.0.254), dan masukan username dan password default AP, (untuk AP ini username admin dan password admin).
  5. Pilih Access Point.
  6. Ketikan nama untuk dijadikan nama wifi, dan untuk security pilih none jika ingin digunakan tanpa password, jika ingin menggunakan password pilih WPA2-PSK kemudian ketikan password anda.
  7. Jika kalian Sudah menggunakan DHCP Server di Mikrotik atau Router lain pilih disable di DHCP Server, jika kalian tidak menggunakan DHCP di depan AP maka kalian harus pilih enable agar client bisa mendapatkan IP otomatis. kemudian masukan IP Address dan netmask sesuai ketentuan, dan pilih no pada change the login account.
  8. Setelah itu AP akan rebort dengan sendirinya, setelah itu masukan kable ke mikrotik atau sumber internet lainya
jika ada kekurangan ataupun kesalahan atau mungkin ada yang belum mengerti silahkan ketik di kolom komentar,Terimakasih
Load disqus comments

0 komentar