Monday 11 September 2017

Turunan dan Integral

Turunan dan Integral - Hari ini saya akan memposting seperti biasanya karena saya hari ini saya akan memposting tentang Matematika, Yaa ! pelajaran yang satu ini memang tidak banyak orang yang suka karena ini pelajaran yang sangat membosankan, tapi itu menurut sebagian orang saja, yang lain juga ada yang bilang kalo Matematika itu seru dan membuat kita makin ingin tau hehe, beda orang beda pendapat sih wkwk.

Hari ini saya akan memposting tentang Turunan dan Integral , pastinya kalian yang selalu memperhatikan guru atau dosen kalian di kelas pasti sudah tau apa itu Turunan dan Integral, menurut wikipedia.com "Turunan atau Derivatif dalam ilmu kalkulus merupakan pengukuran terhadap bagaimana fungsi berubah seiring perubahan nilai input. Secara umum, turunan menyatakan bagaimana suatu besaran berubah akibat perubahan besaran lainnya; contohnya, turunan dari posisi sebuah benda bergerak terhadap waktu adalah kecepatan sesaat objek tersebut" dan untuk integral, integral itu adalah lawan dari turunan atau diferensial, jadi jika kita sudah belajar tentang Turunan dan sekarang untuk integral itu ibaratnya kita akan membaliknya lagi ke bentuk naikan hehe.

Baiklah sekarang kita akan belajar tentang Turunan dulu.
Rumus dari Turunan seperti dibawah ini :

pangkat yang bersimbol n di kalikan di depan dan pangkatnya itu sendiri di kurangi 1

contohnya seperti dibawah ini : 
Jadi angka 4 sebagai pangkat akan maju ke depan dan di kalikan dengan angka aslinya kemudian untuk pangkat itu sendiri dikurangi angka 1.
Untuk contoh lebih besar silahkan lihat dibawah ini :
Kalau ada yang belum tau kenapa angka 7 di atas kok gak ada turunanya?? itu karena angka 7 nya tidak mempunyai variable, karena tidak mempunyai variable jadi turunanya 0, jika kalian ingin menuliskanya - 0 juga tidak apa-apa karena memang tidak berpengaruh.

sekarang untuk dasar-dasarnya kalian sudah mengerti bukan, sekarang akan saya ajarkan untuk masuk ke level yang lebih tinggi tapi pada dasarnya cara pengerjaanya sama saja, disini akan saya tambahkan sin dan cos.

rumus untuk penggunaan sin dan cos seperti di atas ini.

sekarang kita langsung masuk pada contoh soal :


untuk yang dibawah ini saya menambahkan bilangan bulat saja :

untuk sekarang pembahasan tentang turunan sampai sini dulu, di waktu yang akan datang akan saya update tentang penggunaan U V
sekarang kita masuk pada pembahasan Integral (invers dari turunan) mengapa saya kata kan intergral itu invers dari turunan? karena integral adalah proses mengembalikan turunan ke bentuk semula atau bisa kita sebut dengan naikan.

artikel dilanjutkan besok
Load disqus comments

0 komentar