Wednesday 19 July 2017

Tutorial Install webserver di Debian 7

pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara menginstal/mengkonfigurasi webserver apache2 di debian 7, mungkin bagi kalian yang masih pelajar mungkin akan mendapat tugas seperti ini seperti saya dulu ketika di SMK tepatnya pada jurusan TKJ saya mendapat tugas seperti ini, dan setiap murid harus bisa melakukan konfigurasi seperti ini dan mungkin juga akan berguna bagi kalian yang akan membuat server sendiri untuk website lokal maupun untuk internet

sebenarnya untuk membuat webserver ini banyak sekali software yang bisa digunakan, namun disini saya akan menggunakan apache2 karena simple, konfigurasinya aman dan sekaligus karena ini adalah tugas yang di berikan kepada saya hehe :)

Tanpa basa-basi lagi saya akan membuat tutorial cara install Wordpress di Debian7
  1. Install paket-paket yang diperlukan untuk membuat web server, Ketikan "apt-get install apache2 php5 phpmyadmin mysql-server shh proftpd
     
  2. Ketika installasi muncul konfirmasi untuk memasukan password root, dan masukan password root anda
  3. kemudian akan muncul lagi di konfigurasi phpmyadmin, centang apache2  saja, gunakan spasi untuk memilih
  4. kemudian muncul di konfigurasi proftpd, pilih standalone
  5. setelah itu pilih Yes, kemudian masukan password untuk database di phpmyadmin, masukan saja password root agar tidak lupa
  6. Kemudian masuk ke directory /etc/apache2/sites-available/ dengan cara mengetikan "cd /etc/apache2/sites-available"
  7. Lihat isi dari directory tersebut dengan cara mengetikan "ls" tanpa tanda petik.
  8. disitu akan ada file bernama default dan default-ssl, kemudian copy file default menjadi nama lain untuk dijadikan sebuah web nantinya, disini saya akan mengcopynya menjadi nama kelompok3, keikan "cp default kelompok3" (tanpa tanda petik, edit file kelompok3 dengan cara mengetikan "pico kelompok3" (tanpa tanda petik)
     
  9. tambahkan script-script seperti dibawah ini.
  10. buat direktori baru di /var/www/ dengan nama kelompok3 dengan cara mengetikan "mkdir /var/www/kelompok3"
  11. supaya web kita bisa di pakai untuk transfer file file gede maka rubahlah settingan php.ini ketikan "pico /etc/php5/apache2/php.ini" kemudian carilan tulisan (gunakan ctrl+w untuk search) post_max_size dan upload_max_filesize kemudian rubah menjadi 128M kalian bisa menambahan sesuka hati, kalau kalian menulis nya 128M maka maksimal file yang bisa kalian transfer adalah 128mb.

  12. simpan file php.ini dengan ctrl+x kemudian y
  13. aktivkan file webserver dengan cara mengetikan "a2ensite kelompok3" kemudian restart dengan mengetikan "service apache2 restart".
  14. kemudian cek di browser client, dengan cara buka domain kelompok3.com.
  15. jika tampilan sudah seperti itu maka webserver sudah siap digunakan

NB: kelompok3 adalah nama domain saya yang saya buat di bind9, jika kalian menggunakan domain lain maka menyesuaikan saja
Load disqus comments

0 komentar