Thursday 27 July 2017

Cara Setting IP Address di Debian

Kali ini saya akan Share artikel cara setting ip address di  debian tepatnya saya menggunakan debian 7, namun jika kalian menggunakan debian versi sebelumnya ataupun sesudahnya kalian dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini, kalian dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini karena cara settinganya sama saja. sekarang mari kita simak cara-caranya.
  1. Hidupkan OS Debian anda.
  2. kita harus merubah file interface, directory interface debian berada di /etc/network, maka kita harus mengetikan "pico /etc/network/interfaces. 
     
  3. tambahkan script seperti dibawah ini. 
    ket: kenapa saya hanya menambahkan address dan netmask saja, biasanya guru-guru kalau mencontohkan menambahkan network dan broadcast juga? karena biasanya untuk siswa menggunakan network pertama, jadi secara otomatis walaupun kita hanya menuliskan address dan netmask maka di debian ini sudah tau kita berada di network pertama jadi network dan broadcast akan otomatis terisi tanpa kesalahan.
  4. keluar dan simpan tekan di keyboard (ctrl+x), kemudian (y), setelah itu (enter)
  5. restart file interfaces kalian dengan cara mengetikan "service networking restart" atau bisa juga dengan "/etc/init.d/networking restart".
  6. kemudian kita cek IP nya, ketikan "ip a" atau ifconfig".
    dari situ kita bisa lihat tanpa kita menuliskan broadcast debian sudah bisa mengetahuinya sendiri, jadi intinya jika kita berada di network pertama kita tidak perlu menuliskan network dan broadcast.
 itu yang dapat saya bagikan, bila ada kesalahan, kekurangan, kritikan, ataupun pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terimakasih
Load disqus comments

0 komentar