Saturday 17 February 2018

Paradox Tentang Perjalanan Waktu

Paradox Tentang Perjalanan Waktu - Oke, Sebelumnya apakah disini kalian sudah mengerti apa itu paradox ? pasti banyak dari kalian yang belum mengerti tentang paradox, maka dari itu disini saya akan menjelaskan terlebih dulu apa yang di maksut dengan paradox.



Paradox menurut Wikipedia adalah "Paradoks adalah suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian; dasar pemikiran; alasan; (2) asumsi; (3) kalimat atau proposisi yg dijadikan dasar penarikan kesimpulan di dl logika), yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada sekelompok pernyataan yang menuju ke sebuah kontradiksi atau ke sebuah situasi yang berlawanan dengan intuisi."

hehe pasti bingung ya kalimat dari wikipedia di atas, secara singkat Paradox adalah pernyataan yang belum terbuki kebenaranya namun masih tetap masuk akal, bahkan pernyataan tersebut bisa dinyatakan tidak mungkin atau bertentangan dengan kenyataan tapi masih mungkin saja terjadi. contohnya seperti di postingan saya sebelumnya yaitu "Fermi Paradox, Apakah Alien itu ada?"

Baiklah setelah kita bahas tentang definisi dari paradox mari kita kembali ke judul kita di atas yaitu Paradox Tentang Perjalanan Waktu, Perjalanan waktu atau yang biasa kita sebut dengan Time Travel adalah sebuah perjalan dari sekarang ke masa lalu atau orang dari masa depan ke masa sekarang atau bisa saja orang dari masa sekarang menuju masa depan. tapi disini kita tidak akan membahas tentang mesin waktu cara cara lain untuk menuju ke masa lalu dan masa depan, disini kita akan membahas tentang paradox tentang perjalanan waktu.

Ada 4 Paradox tentang perjalanan waktu apa sajakah itu, simak pembahasan dibawah ini.


  1. The Grandfather Paradox 
  2. Ini adalah Padadox tentang perjalanan waktu yang paling terkenal, kita tahu bahwa kita lahir dari orang tua kita yaitu ibu dan ayah yang mereka di lahirkan oleh orang tua mereka yaitu kakek dan nenek kita. Grandfather Paradox adalah ketika kalian pergi ke masa lalu kemudian membunuh kakek kalian, kita tahu bahwa kekek dan nenek kita adalah orang yang melahirkan orang tua kita maka jika kita membunuh kakek kita maka salah satu dari orang tua kita tidak akan terlahir maka kita tidak akan terlahir juga.
  3. Predestination Paradox 
  4. Predestination Paradox adalah kejadian yang tidak berawal dan tidak berakhir yang ibaratnya seperti mempunyai loop contoh nya ada seorang ilmuan yang sedang menulis penelitianya yang kemudian datang seorang pencuri (dirinya sendiri dari masa depan). kemudian pencuri tersebut memukul hingga jatuh pingsan dan mengambil hasil penelitianya, setelah dia terbangun ia berniat pergi ke masa lalu dan berniat mencurinya kembali, hal ini akan terus terulang.
  5. Ontological Paradox
  6. Ontological Paradox adalah suatu informasi yang di kirim oleh mesin waktu kemudian di bawa ke masa lalu yang kemudian menjadi informasi untuk di bawa ke masa depan, contohnya misalkan aku membaca sebuah puisi kemudian saya pergi ke masa lalu dan bertemu dengan penulis puisi tersebut sebelum puisinya di buat dan saya memberi tahu tentang puisi tersebut yang sebenarnya dari ilmuan tersebut. maka dari mana asal pemikiran tersebut?
  7. Sexsual Paradox
  8. Sexual Paradox adalah seorang dikirim dengan mesin waktu kemudian membuat keturunan yang menciptakan orang tersebut, contohnya ketika kamu pergi kemasa lalu kemudian kamu berhubungan dengan ibumu, setelah anakmu lahir apakah anak itu anakmu sendiri? apa mungkin kamu mengayahi dirimu sendiri? 
Tanpa contoh contoh yang saya tulis kan di atas pasti kalian bingung tentang teorinya hehe karena hal ini menciptakan loop yang tidak bermula dan tidak berakhir, baiklah sekian artikel hari ini.
Terimakasih.
Load disqus comments

0 komentar