Tuesday 25 July 2017

Cara Menambahkan Interface LAN di Virtual Mikrotik

Pada artikel sebelumnya saya menjelaskan tentang Cara Belajar Mikrotik Tanpa RouterBoard dan Cara Mengatasi ID Virtual Mikrotik Tidak Muncul di Winbox, namun setelah semua permasalahan tersebut dapat teratasi masih ada satu permasalahan lagi, permasalahanya adalah persediaan interfacenya hanya ada 1 LAN, namun ada cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi hal tersebut.
di gambar di atas dapat kita lihat bahwa memang cuma ada satu interface pada virtual mikrotik, karena memang secara default VMware hanya membuat satu interface lan pada setiap OS yang di install, namun ada cara untuk mengatasinya, yaitu dengan menambahkan Network Adapter si Virtual Machine tersebut, tentunya Network Adapternya juga Virtual Hehe.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara menambahkan interface LAN di VMware

  1. klik kanan pada logo network di VMware kalian, kemudian klik Settings.
  2. Klik “add”.
  3. Pilih “Network Adapter” kemudin tekan “Next”.
  4. Jika kalian ingin menggunakan interface ini untuk koneksi ke computer lain maka Pilih mode “Bridged: Connected directly to the physical network”, jika ingin di gunakan untuk koneksi virtual biasa maka pilih saja “custom” dan pilih adapter yang ingin kalian gunakan (karena adapter default yang kita gunakan adalah VMnet8 maka saran saya gunakanlah VMnet9 agar mudah di ingat, kemudian klik finish.
  5. Kemudian klik OK. 
  6. Setelah kita setting sedemikian rupa pada VMware maka network adapter yang ada di OS kita juga akan bertambah.
  7. Terakhir reboot Mikrotik kalian setelah itu interface akan bertambah. 
  8.  
Itulah langkah langkah cara menambahkan interface di VMware, jika ada hal yang kurang paham silahkan ketikan komentar anda di bawah, sesegera mungkin admin akan membantu anda. Terimakasih 
Load disqus comments

0 komentar