Saturday 22 July 2017

Apa Itu VLAN

Teknologi informasi saat ini sangatlah berkembang pesat. Dengan berkembangnya teknologi segalanya dapat mudah di akses dengan cara yang cepat dan murah. namun dengan semakin banyaknya pengguna yang menggunakannya maka alat-alat atau perangkat yang digunakanya pun juga pasti bertambah, untuk mengatasi hal-hal tersebut para ahli selalu mengembangkan teknologinya agar menjadi lebih hemat lagi dan lebih cepat lagi. termasuk dalam hal jaringan, maka dibuatlah teknologi yang bernama VLAN.

VLAN adalah (virtual local area network) sekelompok satu atau lebih jaringan LAN yang telah di konfigurasi namun jaringan-jaringan tersebut dapat berkomunikasi layaknya berada pada satu jaringan yang sama walaupun secara fisik LAN tersebut berada di beberapa jaringan/segment yang berbeda. VLAN dapat bekerja dengan mengkonfigurasi router dengan menginputkan satu atau lebih ID / nama yang di gunakan sebagai identitas LAN tersebut, kemudian dihubungkan dengan switch yang telah di konfigurasi PORT, IP, serta ID sesuai dengan identitas yang di inputkan di router, dan untuk port yang terhubung ke router harus di setting secara trunk, kemudian port port yang lain bisa di gunakan sesuai kebutuhan.


Pada gambar di atas ID VLAN di inputkan ke router mikrotik kemudian di hubungkan pada Switch VLAN. Sehingga Server, PC, dan perangkat wireless berada di jaringan yang berbeda

Keuntungan Jaringan VLAN :
  • Seorang administrator hanya perlu terhubung jaringan VLAN lain yang terhubung pada VLAN tersebut untuk dapat bekerja tanpa menuju lokasi jaringan LAN yang akan di setting.
  • Lebih aman karena administrator dapat menutup jaringan agar LAN yang memiliki data rahasia dapat di simpan  dengan aman
  • Murah, Karena perangkat yang di gunakan lebih efisien 

Load disqus comments

0 komentar