Monday 31 July 2017

Maksud dari Perintah "chmod" di linux

hari ini saya akan membahas tentang chmod, sebenarnya saya sangat sibuk hari ini dan sebenarnya saya tidak ada waktu untuk membuat artikel karena saya harus menghafalkan lagu mars polinema, totalitas perjuangan, dan hymne polinema untuk LDK di polinema nanti, tapi demi maju nya blog ini saya akan meyempatkan waktu untuk membuat tulisan disini

Sudah taukah kalian tentang perintah chmod? mungkin buat kalian yang sudah terbiasa menggunakan linux kalian pasti sudah sangat terbiasa dengan perintah ini, namun untuk kalian yang masih awam di lingkungan linux mungkin belum mengerti, bahkan mungkin kalian yang pelajar dan sekolah di jurusan TKJ belum pasti tau tentang hal ini, mungkin yang kalian tau kalian disuruh mengetikan "chmod 777 -r /blablabla" kemudian kalian dapat mengirimkan file pada directory yang sudah kalian kasi perintah tersebut. sebenarnya bukan hanya chmod 777 tapi kalian juga bisa menggunakan chmod 755, 753 dan berapapun sesuai kebutuhan, fungsinya apa sih chmod ini? sebenarnya fungsi dari chmod ini adalah agar file kita aman dari user yang tidak bersangkutan.

di dalam linux ada 3 perizinan, jika di windows ini biasa kita gunakan ketika mau share file kemudian kita pilih everyone dan menggunakn read and write, yang artinya file tersebut bisa di baca dan di tulis, namun jika di linux hal ini yang digunakan adalah huruf R, W, dan X yang artinya sebagai berikut :
R = read. bisa dibaca/dilihat
W = write. Dapat di edit/dimodifikasi dan di tambah
X = execute. Dapat di eksekusi

kemudian arti dari angka-angka tersebut adalah sebagai berikut :
0 = —
1 = –x
2 = -w-
3 = -wx
4 = r–
5 = r-x
6 = rw-
7 = rwx

jadi ketika kita mengetik perintah chmod 777 artinya file yang di jatuhi perintah tersebut dapat RWX yang artinya mendapatkan semua akses, jadi bisa deh kita memasukan file kedalamnya.
tapi kenapa harus ditulis 3 kali ?, ini karena 3 angka tersebut juga di peruntuhkan untuk 3 kelompok yaitu user, grub, dan other. jadi misalnya seperti dibawah ini

misalnya saya login sebagai user huri, kemudian saya memiliki file yang tidak ingin di otak atik orang lain, kemudian saya ketik perintah chmod 755 /home/huri/dataku, jadi artinya di angka pertama itu untuk saya sendiri yang saya beri angka 7 yang artinya saya mendapatkan full akses, kemudian di angka kedua itu ada angka 5 yang artinya orang yang satu grub sama saya hanya mendapatkan R dan X jadi tidak bisa write(menghapus/mengedit/), dan di angka ke tiga juga saya kasi 5 sama saja dengan user yang satu grub, cuma bisa melihat-lihat saja tanpa otak atik hehe.

yasudah terimakasih untuk yang sudah baca-baca artikel ini semoga membantu jika ada kritikan dan saran maupun pertanyaan silahkan ketik di kolom komentar, terimakasih.
Load disqus comments

0 komentar