Saturday 29 July 2017

Cara Setting FTP Server

FTP Server adalah layanan untuk mengirim/meng-upload suatu file kedalam mesin server tanpa harus datang ke tempat server tersebut, hanya bermodalkan terhubung ke jaringan kita sudah bisa mengirim atau meng upload file yang kita inginkan.
Layanan FTP ini mungkin kalian tidak tau kapan kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan kalian tidak tau kalau bahkan kalian sering menggunakan nya, seperti halnya ketika kita upload foto di FB, INSTAGRAM, TWITTER dan lain-lain, itu semua menggunakan layanan FTP.
Namun server harus diberikan service yang namanya proftpd, mungkin jarang bagi kalian yang masih perlajar akhir-akhir ini sering mendapatkan tugas dari guru server kalian untuk meng-upload gambar ke tampilan web server kalian.
disini saya akan menunjukan langkah-langkah untuk mengkonfigurasi PROFTPD.

  1. Pastikan Konfigurasi IP sudah benar dan satu jaringan dengan client(windows), jika tidak mengerti klik disini.
  2. disini saya akan menggunakanya untuk tampilan web server, maka saya akan meng-uploadnya ke /var/www/blog. jika belum mengerti klik disini.
  3. install paket proftpd di server, ketikan "apt-get install proftpd", biasanya disuruh mengganti dvd2 jika belum mengerti silahkan klik disini.
  4. ketikan "chmod 777 -R /var/www/blog", untuk mengubah permision agar bisa di upload.
  5. carilah gambar yang akan digunakan, jika nama gambar panjang ganti menjadi nama yang pendek dan mudah di ingat, kemudian masukan di folder yang akan anda upload.
  6. buatlah kode html seperti berikut. 
     kemudian simpan satu folder dengan gambar yang akan digunakan tadi kemudian dengan nama index.html, dan pada bagian save as type pilih "all files"
  7. pilih semua file gambar dan html yang sudah anda buat tadi, kemudian klik kanan > send to > winSCP.
  8. kemudian pada bagian file protocol pilih ftp, dibagian hostname ketikan nomor ip  atau bisa juga domain kalian, dan dibagian username dan password ketikan user linux kalian.
  9. kemudian pada kolom yang tersedia ketikan directory yang akan dituju "/var/www/blog/".
  10. kemudian mari kita lihat webserver kita. 
     dan sudah selesai, web server anda sudah memiliki gambar.
sekian dari saya jika ada yang belum mengerti silahkan ketikan di kolom komentar terimakasih. 
Load disqus comments

0 komentar